Menyayat Hati

Saya pengguna internet. I love it, I really do. Sepertinya, maksimal seminggu, deh, saya bisa tahan tanpa internet.

Internet telah mengajarkan saya berbagai hal, mempertemukan saya dengan berbagai orang, telah membuka pandangan saya,……….., dan sebagainya dan sebagainya yang tentu anda semua tahu maksudnya apa.

Tapi terkadang saya sedih, kesal, kecewa terhadapnya. Terutama dalam mengerjakan tugas. Terutama dalam membuat suatu karangan. Sungguh, dengan keajaiban mesin pencari yang dapat mencari ratusan juta halaman dan menampilkan hal-hal yang relevan, kita menjadi malas. Malas membaca. Hanya meng-copy-paste tanpa tahu apa yang kita tambahkan kepada karangan tersebut. Menjadi tidak peduli. Tidak peduli terhadap intisari tulisan-tulisan itu, yang penting mencukupi jumlah kata minimal yang diberikan oleh dosen. Menjadi ceroboh. Ceroboh karena malas mengecek berulang kali, sehingga membiarkan paragraf-paragraf yang tidak padu menjadi satu karangan panjang. Menjadi mudah. Mudah, toh, semuanya? Tinggal comot sana sini.

Tak saya pungkiri pula, bahwa saya juga melakukan hal yang sama. Tapi, mbok ya dipikir dan dilihat dulu toh ya kalau mau meng-copy-paste. 

Leave a Reply

