Pertanyaan-pertanyaan dan Bahasa

Penasaran deh, sama zaman prasejarah. Bagaimana cara adaptasi dari nenek moyang manusia yang awalnya sedikit terus bisa jadi banyak, dengan ribuan ragam suku dan karakter? Apakah mutasi? Evolusi? Adaptasi? Berapa lama? Kok bisa ada ras Kaukasian dengan kulit dan pigmen mereka dan warna rambut, warna mata dan di saat bersamaan ada Maori yang sebegitu bedanya? Efek geografiskah? Jika memang satu nenek moyang, ras apa mereka itu? Bagaimana caranya mereka bisa bergerak dari satu tempat tinggal dan terus bermigrasi sampai rasanya dari dunia ini cuma secuil tempat yang nggak terhabitasi? Ras awal itu ciri fisiknya seperti apa?

Bahasa. Apa bahasa lisan pertama? Siapa penemunya? Bagaimana sang penemu dapat mengkomunikasikan dan membuat pengikutnya setuju dan mau menghafal bahasa tersebut? Apa cara yang ia pakai? Apa bargaining power-nya? Bagaimana bahasa itu dapat berevolusi menjadi bahasa-bahasa yang ada sekarang?

Saya berpikir bahwa penemu dan innovator yang paling kreatif bukannya penemu Apple atau Google, tapi orang yang pertama kali menyimpulkan dan membuat konsep bahasa. Pun begitu dengan public speaker paling handal. Bukan Steve Jobs, Soekarno, ataupun Martin Luther King, tapi sang penemu bahasa dan bagaimana ia dapat mengomunikasikan idenya itu tanpa adanya bahasa lisan ataupun kata-kata sebelumnya. Albert Einstein mungkin membuat gempar dunia dengan konsep dan teorinya mengenai relativitas dan time-space continuum. Begitupun Isaac Newton dengan teori gravitasinya, juga Niels Bohr dengan teori model atomnya. Mereka jelas berpikir melewati batas yang sudah ada pada masanya, dan dapat dengan sukses membuktikannya. Tapi, hanya membayangkan bagaimana orang pertama yang membuat kata membuat kata dan mengenalkannya pada orang yang tak kenal kata dan bahasa, saya bergidik. Membuat kata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: