Under £1, full tummy, satisfied taste buds: Daily Bandung Foods.

Berawal dari nimbrung obrolan Twitter temen, gw jadi sangat-sangat-kangen makanan-makanan di Bandung. Ini bukan tentang batagor Kingsley (masih jaman, nggak sih?), atau Kobe di Cibadak yang sempet naik daun di SBM, atau Rumah Stroberi yang paket nasi liwetnya kelewatan enaknya; ini tentang makanan yang disambangi sehari-hari (atau memiliki tempat spesial di hati <3), makanan murah meriah membahagiakan perut dan dompet.

Jengjeng!

Inilah daftar makanan sekitaran kosan & kampus yang ngangenin dan bikin ngiler setiap dibayangin:

  1. Warung Cobek Aneka
    Mungkin bisa jadi syarat informal keabsahan status kemahasiswaan di ITB: paling nggak pernah makan di Cobek sekali. Nggak deng, lebay. Mungkin bisa diganti jadi paling nggak tau Cobek ada dimana dan ngejual apa. Jaman TPB kayanya seminggu minimal sekali kesini…awal-awal bisa 2x seminggu…atau lebih……….Dan walaupun semakin jarang beli Cobek, entah kenapa Cobek udah kaya simbol “makanan kosan” aja gitu.
    Menu favorit: Ayam Pop cabe hijau + Nasi setengah + kuah soto betawi. Ngga kuat, kaka…..
  2. Tuna Bakar Cisitu
    Warung yang baru buka sekitar semester 2 tahun akademik 2010/2011 (iya inget banget) ini seakan nggak pernah salah. Kalau kelabilan makanan Cahya sudah mulai keluar, makan di Tuna Bakar tidak pernah salah. Rasanya enak banget kayanya dia pake zat aditif, atau mungkin zat terlarang. Mana deket kosan, pula. (Nggak nyampe setengah menit)
    Menu favorit: Set 1: Tuna bakar + usus goreng renyah + nasi setengah + sambel ijo (dikala masih ada..) + bawang goreng tambahan atau Set 2: Tahu bakar + tempe bakar + telor puyuh bakar + nasi setengah + bawang goreng tambahan. *ngiler*
  3. Bebek MBA
    Bebek MBA atau Stallone (karena yang punya mirip Sylvester Stallone (padahal nggak juga)) juga selayaknya jadi makanan standar anak ITB pulang kuliah/hearing/rapim/RA/apapun. Walau kalo hujan bakal menggenang, walau terpalnya suka ngerembes, walau kursinya suka ga stabil, bebek MBA selalu ada di pilihan warung sehabis acara kampus ❤
    Menu favorit: lele goreng + nasi uduk setengah + bawang goreng tambahan + tempe + usus + jeruk panas.
  4. Sate Madura Cisitu (yang depan pangkalan ojek Alpina) (spesifik)
    Satu-satunya hal yang suka bikin males cuma males rambutnya bakal bau asap. Sisanya kece. Deket kosan lagi. Enak dimakan sahur, pula. Apalagi kalo minta bawang merahnya bilangnya “pake berambang ya mas”. Kaya mudik. (Padahal nggak pernah ke Madura)
    Menu favorit: sate ayam + bawang merah iris + lontong. Huaaaa.
  5. Sadikin
    Walau nggak terlalu sering ke Sadikin dan sudah sangat jarang makan mi instan, kalo tiba-tiba disodorin Sadikin di Canterbury kayanya bisa terharu.
    Menu favorit: indomi goreng rendang + telor dadar + nutrisari hangat. Cocok untuk malam-malam dengan rintik hujan.
  6. Nasi Uduk & Nasi Kuning yang kalo pagi ada di sebrang pangkalan ojek Alpina
    Murah!! Pertama kalinya beli nasi kuning disitu bener-bener takjub dari pangkalan ojek sampe SBM. Kenapa bisa murah banget???? Kalo nggak salah pertama kali beli cuma 3500. (Ah, masa sih???? (takjub lagi)) Rata-rata jadi 5000 setiap kali beli. (£0.27 bokkkk, gila dapet apaan disini). Apalagi di saat-saat lagi hoki, kalo lagi beli sarapan suka bisa nebeng anak SBM lain yang juga lagi beli sarapan. Hihi.
    Menu favorit: nasi kuning setengah + bihun nambah + sambel banyak + bakwan – timun. Kan, jadi pengen.

Dan hebatnya lagi semua makanan di atas dibawah £1 saja saudara-saudara! Setelah sebulan disini, gue menjadi ahli dalam membandingkan nilai barang antara UK dan Indonesia. Misalnya saja, dalam obrolan bersama Dhika (ceritanya lagi mau merubah nama), gw membuat satuan “1 Cobek”. Apakah sebenarnya satuan 1 Cobek?

C: Iya mahal banget masa sayur aja £2?

A: Hah? Hampir 40 ribu dong?

C: Iya, udah 3 Cobek

Kalau familiar dengan “Big Mac Index” mungkin hal ini sedikit banyak mirip. Hihi.

Makanan-makanan di atas bukan hanya enak, murah, dan dekat, namun juga penuh dengan cerita dan perasaan. Kalo nginget-nginget ayam pop misalnya, bukan cuma sambel ijonya aja yang keinget, tapi juga perasaan awal masuk kuliah dan merasa jadi “anak kos” pertama kalinya. Sembari nunggu tuna-nya dibakar misalnya (soalnya lama banget nunggunya), teringat lagi berusaha nyari topik ngobrol sama si doi yang di-PDKT-in. Atau lagi duduk di Bebek MBA, ngelinting jahim biar makannya enak, sambil nyapain semua orang yang baru dateng (ceritanya aktivis kampus) sambil ngedengerin pengamen biola mainin Runaway-nya The Corrs.

Setiap tempat membawa ceritanya masing-masing. Mungkin itu bumbu-bumbu tambahan yang membuat makanan itu menjadi jauh, jauh lebih enak.

—————-

 

Tambahan: ketauan banget lagi kangen Bandung-nya.

—————-

 

Oiya, tulisan ini menunjukkan usaha gw untuk mengikuti tulisan Tiza Mafira dan mencoba untuk menulis dengan satu bahasa dalam satu kalimat, lho! Sulit, ternyata. Nggak jadi nulis “rebranding” dan “image” karena nggak nemu kata-kata yang tepat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: